A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

PERINGATAN HARI IBU KE-90 TAHUN 2018 DP3AKB MENGGALI TRADISI YANG NYARIS TERLUPAKAN

 

DP3AKB - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Aceh Barat melaksanakan Acara Peringatan Peringatan Hari Ibu ke 90 Kabupaten Aceh Barat tahun 2018 yang dilaksanakan mulai tanggal 13 s/d 21 Desember 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Aceh Barat Ena Herisna, SKM mengatakan acara peringatan Hari Ibu adalah untuk mengingat dan menghargai jasa kaum ibu dan perempuan dan juga untuk meningkatkan kemitraan kaum perempuan dengan kaum pria sehingga dapat mendorong kesetaraan pria dan perempuan dalam jalannya pembangunan Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS dalam sambutannya mengharapkan agar kaum ibu harus lebih paham agama daripada kaum ayah, karena ibulah yang menyaring dan memfilter budaya asing kedalam keluarga.

Bupati H. Ramli. MS menambahkan bahwa dirinya menjadi Bupati karena dukungan dari kaum ibu dan perempuan dan dirinya juga banyak melibatkan kaum ibu dan perempuan dalam Pemerintahannya.

“Saya menjadi Bupati karena dukungan kaum ibu dan perempuan, saya sangat mendukung kaum perempuan, rata-rata Kepala Sekolah di Aceh Barat adalah perempuan, Pejabat eselon pun ada yang perempuan" kata Ramli MS.

Diakhir sambutannya H. Ramli. MS mengajak kaum ibu dan perempuan untuk mempelajari Islam secara kaffah dan kembali ke Al- Quran dan hadist agar terhindar dari kehancuran, fitnah, benci, dengki dan dapat memotivasi masyarakat untuk bekerja dalam membangun bangsa dan agama.

 

 

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam menyambut peringatan hari ibu ke 90 Tingkat Kabupaten Aceh Barat antara lain : Penyuluhan Pola Asuh Anak, Penyuluhan KDRT, Bakti Sosial, Lomba Toet Leumang, Kunjungan Sosial, Talk Show, Bazar dan ditutup dengan Resepsi Puncak Kegiatan.

Penyuluhan Pola Asuh Anak dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2018 di Aula DP3AKB Kabupaten Aceh Barat yang bertujuan agar para kaum ibu paham dan mengerti tentang bagaimana cara menddik dan mengasuh anak yang baik dan benar sesuai dengan ajaran agama Islam. Peserta pada kegiatan ini adalah para kaum ibu dalam Kabupaten Aceh Barat sebanyak 40 orang.

Penyuluhan KDRT dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2018 di Aula DP3AKB Kabupaten Aceh Barat yang bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan didalam rumah tangga yang sebagian besar korbannya dalah kaum perempuan dan anak.

Bakti Sosial dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2018 bertempat di tiga lokasi yang berbeda yaitu Mesjid Gampong Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Mesjid Gampong Simpang Kecamtan Kaway XVI dan Mesjid Gampong Suak Pandan Kecamatan Samatiga.

Lomba Teot Leumang dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2018 di halaman samping DP3AKB Kabupaten Aceh Barat. Dengan diadakannya perlombaan Teot Leumang diharapkan agar kaum ibu dapat melupakan tradisi lama yang ada di kalangan masyarakat kita. Yang menjadi peserta pada lomba teot leumang ini adalah seluruh organisasi perempuan dalam Kabupaten Aceh Barat.

Kunjungan Sosial dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2018, dalam kegiatan tersebut DP3AKB Kabupaten Aceh Barat melakukan kunjungan ke delapan rumah ibu-ibu sesepuh  dalam Kabupaten Aceh Barat.

Talk Show dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2018, Kepala DP3AKB Ena Herisna, SKM menyapa dan memberitahukan kepada masyarakat bahwa ada hari ibu di tanggal 22 Desember.

Bazar dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2018 bertempat di halaman Kantor Bupati Kabupaten Aceh Barat, yang menjadi peserta bazar adalah organisasi perempuan di Kabupaten Aceh Barat (PKK Kabupaten Aceh Barat, Dharma Wanita Kab. Aceh Barat, Persit Kartika Candra Kirana, Bhayangkari, istri para karyawan Telkom).

Resepsi Puncak Kegiatan Peringatan Hari Ibu ke-90 dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2018 di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Barat dibuka oleh Bupati Aceh Barat yang dihadiri sekitar 300 orang undangan terdiri dari seluruh organisasi perempuan dalam Kabupaten Aceh Barat, para Kepala Dinas/ Badan dan Kantor dalam Kabupaten Aceh Barat, para Camat dalam Kabupaten Aceh Barat, para Kabag dilingkup Setdakab Aceh Barat dan para Kepala Instansi Vertikal dalam Kabupaten Aceh Barat. (admin-haris)